Re re re Dance

Re re re dance, yeah it's famous dance in Probolinngo regency. Why,...? Because tari ini merupakan sebuah tarian yang khas dari kabupaten Probolinggo. Tari ini biasanya ditampilkan dalam sebuah acara penyambutan tamu atu juga seringkali ditampilkan pada acara2 besar. Tari Rerere biasanya ditarikan oleh penari lebih dari 2 orang (kelompok)
Yang khas dari tarian ini adalah lagunya yaitu dengan alunan musik semacam gamelan dengan nyanyian yang hanya berlirik re rerere rere rerere… Mungkin karena itu, tarian ini disebut tari rerere.
      Ada 2 versi yang berbeda dalam tarian ini. Pertama, seperti yang kita lihat digambar, tarian dibawakan oleh sekumpulan laki-laki dengan menggunakan kebaya dan jarit, sendal jepit, kerudung dan tidak lupa kaca mata, dengan menyertakan 1 orang sakera sebagai pemimpinnya. Versi kedua, penari berpakaian lengkap seperti penari Remo dari Surabaya, ditambah dengan kaos kaki, sendal jepit dgn tidak melupakan kacamata dan ditambah dengan payung kecil. (sayang tidak terpotret).
       Tari ini mungkin tidak begitu dikenal oleh masyarakat lain, tapi sisi lain, tari ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Probolinggo, sampai masyarakat biasa pun tidak lupa menampilkan tari ini dalam sebuah karnaval 17an. Mudah2an anak cucu kita masih  mau peduli dan bisa melestarikan.
So,..  
let's preserve this dance for our children and grandchildren 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

Pheppy Santa Imodelink said...

I like it
ini sangat interesting bagi saya
blog ini juga membantu saya untuk mengetahui seluk beluk kesenian d probolinggo

Nur Rizki said...

Wah,. makasih Pep.

Post a Comment